Sunday, June 20, 2010

Car Free Day

CAR FREE DAY DI BANDUNG

Bandung - Berbeda dari biasanya, kawasan Jalan Dago, hari ini bebas dari kepadatan lalu lintas yang biasanya sangat menyesakkan. Pemandangan itu digantikan dengan keramaian warga yang bersantai menikmati libur hari ini, Ahad (30/5). Masyarakat sekitar ada yang bersepeda, main bola bersepatu roda, atau sekadar jalan-jalan santai.

Car Free Day untuk warga kota Jakarta mungkin sudah sering dilakukan, tapi untuk kota Bandung, program ini merupakan sebuah terobosan baru untuk menciptakan area bebas kendaraan bermotor. Car Free Day diadakan di jalan Dago yang merupakan salah satu lokasi tersibuk di Bandung dimulai dari jam 06.00-10.00 wib. Penutupan area jalan dilakukan di ruas jalan IR. H Juanda ke Cikapayang dan arah sebaliknya.
Car Free Day atau hari bebas kendaraan digagas oleh Kepolisian Wilayah Kota Besar Bandung untuk mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. “Program ini sangat bagus, sekarangkan mencari udara sehat yang bebas dari polusi susah banget, moga aja nanti udah bebas asap motor,asap mobil, juga bebas asap rokok, ujar ibu uli yang datang dari kopo.” Gagasan tersebut mendapat respons positif warga Kota Kembang hal itu dapat dilihat dengan antusias warga untuk benar-benar memanfaatkan jalan dago sebagai tempat berolahraga ataupun sekedar jalan santai.* RN