Tuesday, May 11, 2010

Sebentuk Kepedulian - Bandung Islamic Book Fair 2010

Pameran buku Islam bandung yang telah hadir selama tiga tahun berturut-turut mulai dari tahun 2008 diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat. Pameran buku islami ini berlangsung selama Sembilan hari, mulai tanggal 6 hingga 14 mei, dengan mengangkat tema “Membudayakan Iqra Mencerdaskan Umat” sebagai upaya mengembalikan minat baca dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan pameran ini diikuti oleh 80 penerbit, 10 distributor, dan 10 perusahaan penunjang pameran seperti busana muslimah, cd/dvd, dan makanan, yang menempati 10 stand dan counter yang ada di Landmark Convention Hall, Braga.
Untuk menyemarakkan acara pameran, panitia mengadakan wajib kunjung pameran bagi para pelajar mulai TK sampai siswa SMA. Selain itu, panitia juga menyelenggrakan bedah buku, pentas nasyid, pentas anak, dan pemutaran film 4 dimensi (bioskop mini).
Mengutip pernyataan Ketua IKAPI Jawa Barat, Anwaruddin, mengatakan, Pameran IKAPI kali ini sebenarnya merupakan salah satu sarana bagi masyarakat agar membiasakan diri membaca buku. Iqra yang berarti membaca, mempunyai konsep membaca secara mendalam meresap kedalam seluruh lapisan masyarakat dan mengungkapkan dirinya dalam semua upaya intelektual.
“Sekarang dari kota hingga desa, anak-anak kita menonton televise, atau bermain game di depan computer, sehingga kesempatan untuk membaca hamper hilang atau bahkan tidak ada lagi. Kalaupun ada, tentulah disisa-sisa kelelahan setelah mereka menonton layar kaca,” tuturnya.
Acara Pameran kali ini membentuk sebuah semangat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pertumbuhan dan pembentukan watak tradisi intelektualisme Islam masa depan.

No comments:

Post a Comment